Kamis, 21 April 2011

MAKANAN SEIMBANG AGAR TUMBUH KEMBANG ANAK OPTIMAL

MAKANAN SEIMBANG AGAR TUMBUH KEMBANG ANAK OPTIMAL
Makanan  yang baik akan mendukung proses pertumbuhan anakAnda setiap hari, agar tak rentan terhadap penyakit di masa tumbuh kembang.
Pemenuhan nutrisi anak sangat penting. Karena gizi yang baik akan mengurangi resiko anak terkena penyakit. Kalaupun ada infeksi kuman ayau virus, dengan daya tahan tubuh yang bagus, anak tidak akan mudah sakit, sehingga tidak mengganggu proses tumbuh kemabang.
Penuhi kebutuhan gizi anak dengan menu seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang sesuai untuk kebutuhan mereka. Memang ada kalanya anak sulit makan, tapi Anda jangan menyerah begitu saja. Bersiasatlah dengan selalu menyediakan kudapan sehat di rumah yang mengandung unsur-unsur gizi seimbang serta makanan tambahan yang dapat menutupi kekurangan asupan gizi tertentu.
Apa saja yang dibutuhkan anak anda untuk tumbuh kembang? Berikut beberapa nutri penting yang perlu anda tahu:
Protein
Kebutuhan protein anak lebih besar dibandingkan orang dewasa. Protein merupakan sumber asam amino esensial yang diperlukan sebagai zat pembangun, yakni untuk pertumbuhan dan pembentukan serum, hemoglobin, enzim dan antibodi serta untuk regenerasi sel-sel yang rusak dan sebagai sumber energi.
Multivitamin dan Mineral
Makanan tambahan yang mengandung multivitamin dan mineral dibutuhkan oleh anak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak dicukupi oleh makanan sehari-hari. Khususnya bagi anak yang sulit makan dan anak dengan pilihan yang terbatas.
Vitamin A
Sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak serta menjaga kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.
Vitamin B
Berperan penting dalam metabolisme tubuh dan menjaga fungsi organ tubuh terutama sistem saraf. Dapat membantu meningkatkan selera makan bagi anak yang sulit makan.
Vitamin C
Berperan penting dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap infeksi, serta mempercepat pertumbuhan.
Vitamin D
Sangat penting dalam membantu penyerapan kalsium dan fosfor serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Vitamin E
Sangat dikenal sebagai antioksidan yang menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Berperan penting dalam proses metabolisme, menjaga kesehatan kulit dan otot.
Mineral
Nutrisi yang dibutuhkan dalam menunjang proses tumbuh kembang anak. Seringkali kebutuhan akan nutrisi ini tidak dapat terpenuhi dari makanan sehari-hari. Mineral penting ini antara lain;
Kalsium Magnesium, berperan penting dalam pertumbuhan gigi, proses pembekuan darah dan perkembangan sel-sel saraf dan otak. Zat Besi, berperan penting dalam pembentukan hemoglobin (sel darah merah) yang mengankut oksigen ke seluruh tubuh.

Klik di sini untuk membatalkan ba


Tidak ada komentar:

Posting Komentar